Bidang Kompetensi

Berita



Partisipasi Penerbang LAPAN Dalam Acara Terjun Payung di Jogja Air Show 2016
Penulis Berita : Tim Diseminasi Pustekbang • Fotografer : • 25 Mar 2016 • Dibaca : 10462 x ,

Dalam rangka memenuhi undangan Komandan Lanud Adisutjipto untuk berpartisipasi dalam demo terjun payung yang diselenggarakan dalam acara Jogja Air Show 2016, maka pada event ini LAPAN mengirim perwakilan 1 (orang) penerbang yang memiliki kualifikasi terjun untuk ikut serta dalam acara tersebut.

Event ini juga digunakan oleh personil yang bersangkutan dalam menjaga (maintenance) kemampuan penerbang dalam menggunakan parasut, sehingga kemampuan yang dimiliki tetap optimal dan mampu menghadapi situasi darurat yang mengharuskan penerbang melakukan penyelamatan dengan menggunakan parasut.

Acara Jogja Air show sendiri berlangsung di 3 (tiga) tempat, yakni: Pantai Krakal, Pantai Parangtritis, dan Pantai Depok. Tinggal landas dari landasan pacu di Lanud Adisutjipto. Menggunakan pesawat CN-295, peterjun di drop ditempat berlangsungnya acara Jogja Air Show. Bagi penerbang LAPAN, Drop zone yang dipakai untuk pelaksanaan demo terjun adalah Pantai Parangtritis, Depok. Sedangkan untuk peterjun senior dilaksankan di 3 tempat tersebut secara bergantian.

Pada event ini juga terjadi insiden tidak terduga, dimana salah satu peterjun mendarat di laut dan tergulung ombak. Alhasil, nyawa peterjun tersebut tidak dapat diselamatkan. Karena peristiwa tersebut, kegiatan penerjunan dihentikan sampai event ini berakhir.

Bagi penerbang LAPAN, Febri, momen ini adalah momen berharga yang disaksikan bahkan dialami langsung olehnya. Banyak pelajaran berharga dari setiap penerjunan yang dilaksanakan, tujuannya hanya satu yaitu “safety”. Kegiatan penerjunan dikatakan selesai dengan aman adalah apabila mulai dari loading, tinggal landas, exit, melayang, mendarat, melipat parasut dan kembali ke titik kumpul dengan selamat. Proses-proses tersebut tidak lantas terjadi begitu saja tanpa latihan dan membiasakan diri terhadap perilaku “safety” yang benar.






Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL