Bidang Kompetensi

Berita



LAPAN dan Bakamla Siapkan Kerja Sama Keamanan Maritim
Penulis Berita : desy • Fotografer : edrbgr • 10 Jul 2019 • Dibaca : 6159 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bersama Badan Keamanan Laut (Bakamla) tengah menyiapkan kerja sama dalam bidang keamanan maritim. Persiapan yang dilakukan yaitu membahas hal-hal yang ingin diakomodir dalam Perjanjian Kerja Sama.Pembahasan tersebut digelar di Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) Jalan Cagak Satelit No 8 KM 0,4 Rancabungur, Bogor, Rabu 10 Juli 2019. Dihadiri Kapusteksat, Mujtahid; Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat, Wahyudi Hasbi; Kepala Pusat Informasi Maritim Bakamla, Ferry; serta sejumlah staf LAPAN dan Bakamla.
Menurut Kepala Pusat Informasi Maritim Bakamla, Ferry, kerja sama yang terjalin antara instansinya dengan LAPAN akan sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan rencana strategis kedua belah pihak saling bersinggungan. “Sangat rugi apabila LAPAN tidak didukung. Sudah saatnya kita menggunakan karya anak bangsa. Kemampuan satelit LAPAN tidak kalah saing. Saya rasa ini kerja sama yang bagus,” ujarnya.

Ferry menyampaikan, dengan data Automatic Identification System (AIS) yang dimiliki LAPAN, Bakamla bisa mewujudkan keamanan maritim yang komprehensif dengan melibatkan stakeholder lain. Diakuinya, menjaga keamanan maritim membutuhkan kolaborasi, salah satunya dari LAPAN. “Kalau kita menggunakan data dari LAPAN, kita sudah menghemat banyak biaya,” tukasnya.
Hal senada juga disampaikan Kapusteksat, Mujtahid. Menurutnya kerja sama ini akan menciptakan sinergitas yang baik antar lembaga.  “Saya kira ini kerja sama yang baik, apalagi kami Pusteksat sedang merencanakan pembuatan satelit komunikasi yang pasti sangat berguna untuk penguatan keamanan,” ucapnya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL