Edukasi dan Peluncuran Roket Air putra-putri ASN di Pustekroket
By tekgan, 24 Jun 2019

Puluhan anak-anak karyawan dan staff Pusat Teknologi Roket menghadiri kegiatan sosialisasi edukasi roket yang diadakan di Pusat Teknologi Roket. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2019 di Ruang Kartika Lt.3 Gedung Terpadu. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat anak-anak tentang teknologi roket serta memupuk semangat belajar. Kegiatan dibuka oleh Ibu Dra. Wigati, M.T. pada pukul 09.00 WIB. Beliau menyampaikan sambutan mengenai tugas dan fungsi LAPAN secara keseluruhan.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan Ignatius Eggi Reza Putra, S.I.Kom tentang sejarah roket, Eggi membagikan modul yang berjudul “Yuk Mengenal Roket”. Modul tersebut dikemas dengan gambar-gambar menarik sehingga pada saat pemaparan anak-anak antusias mendengar penjelasan yang disampaikan.

Kegiatan selanjutnya adalah tutorial roket air yang disampaikan oleh Ria Yuliana, S.T. Dalam pemaparannya dijelaskan mengenai roket air, cara pembuatan serta cara bermain roket air. Kegiatan dilanjutkan dengan memutar video edukasi pembuatan roket air dan cara bermain roket air.

Sebelum praktek membuat Roket, MC membagi peserta yang datang berdasarkan tingkatan umur dan sekolah. Pembuatan roket air diperuntukkan siswa/i SD kelas 4 sampai dengan SMP kelas 3, sedangkan untuk anak-anak TK sampai dengan SD kelas 2 membuat paper craft roket.

Untuk pembuatan roket air peserta dibagi menjadi 4 kelompok, peserta merakit dengan peralatan yang sudah disediakan. Untuk membuat roket air, bahan-bahan yang diperlukan adalah 2 botol plastik minuman soda ukuran 1,5 liter,  Infraboard untuk membuat sayap, selotip, double tape, lakban bening, plastisin, gunting/cutter, penggaris, dan spidol.

Pada kegiatan ini anak-anak mempraktikkan apa yang telah dijelaskan sebelumnya. Pada proses pembuatan roket air dibutuhkan kerja sama dalam merakitnya. Seluruh anak-anak sangat antusias dalam membuat roket. Setelah Roket air dari masing-masing kelompok sudah jadi dan siap untuk diterbangkan, seluruh peserta berfoto bersama dan turun ke lapangan untuk melakukan peluncuran roket air.

Peluncuran roket air yang dimainkan adalah roket dari hasil yang mereka buat bersama dengan kelompoknya. Roket air yang stabil secara aerodinamis akan meluncur dengan bagian nose cone terlebih dahulu membentuk lintasan peluru dan kemudian mendarat dengan mulus. Hasil karya yang telah di buat seperti paper craft roket dan roket air boleh di bawa pulang oleh peserta.